Home
Layanan

Layanan Psikologi Dian Selaras Bali

Ceritakan permasalahan yang sedang Anda hadapi dengan jaminan kerahasiaan privasi dan tanpa menghakimi.

Layanan

Konsultasi Psikologi

Layanan Konsultasi Individual

Kami mengkhususkan diri dalam membantu klien mengidentifikasi dan menyelesaikan akar masalah kesehatan mental mereka.

Konsultasi individu adalah waktu bagi Anda untuk mendiskusikan masalah apa pun yang mungkin Anda alami, seperti depresi, kecemasan,
atau masalah pribadi lainnya sehingga sangat direkomendasikan saat Anda merasa cemas atau sangat membutuhkan seseorang untuk diajak bicara.

Anda memiliki kesempatan untuk bertemu dengan seorang konselor profesional kami secara individu.

Layanan Konsultasi Pernikahan atau Pranikah

Layanan Konseling pernikahan akan membantu pasangan untuk menyelesaikan konflik dalam rumah tangga.

Tujuan dari konseling pernikahan ini adalah untuk membantu penyelesaian konflik yang terjadi sehingga konflik tersebut tidak berkepanjangan yang akan mengakibatkan pada perceraian.

Dalam konseling pernikahan ini bertujuan untuk menemukan solusi dari setiap masalah rumah tangga yang dihadapi oleh pasangan sehingga pasangan kembali bisa berkomitmen dan menjadi lebih harmonis.

Kami tidak hanya melayani pasangan suami istri namun juga pada calon pengantin atau konsultasi pranikah.

Tujuan dari konsultasi pranikah ini adalah untuk lebih membantu calon pasangan pengantin agar lebih mengenal pasangannya, memahami bagaimana cara menyelesaikan konflik, merencanakan goal setting dalam hidup berumah tangga, dan lain-lain.

Layanan Konsultasi Keluarga

Seiring dengan adanya berbagai perubahan diera saat ini, menyebabkan banyak permasalahan yang dihadapi oleh keluarga dan semakin kompleks, seperti ketelantaran anak, kekerasan dalam rumah tangga, kekerasan sexual, penyalahgunaan narkoba, judi, games, permasalahan disekolah, kenakalan, pola asuh dan permasalahan sosial lainnya.

Bila hal ini tidak segera diatasi akan dapat menciptakan permasalahan dikemudian hari yang akan menjadi lebih komplek dan tidak menutup kemungkinan menyebabkan permasalahan psikologis.

Konsultasi ini menjadi penting karena sebagai bentuk pencegahan, rehabilitasi, pemberdayaan keluarga dan membantu menemukan solusi jalan keluar yang terbaik dengan tujuan yang terbaik.

Layanan

Tes Psikologi

Tes Minat dan Bakat, Penjurusan sekolah dan Kuliah, & Pekerjaan

Tes minat dan bakat ini dirancang untuk membantu seseorang dalam menemukan potensi yang ada didalam dirinya sehingga kedepan mampu dikembangkan dengan baik sesuai dengan potensi-potensi yang dimiliki, seperti kemampuan kognitif (IQ), karakteristik minat, kepribadian, kemampuan verbal, logika berpikir, dan daya ingat.

Dan pada akhirnya orang tua dan anak dapat melihat bakat bawaan dan beragam faktor eksternal yang mempengaruhi talenta anak sehingga, orang tua dan anak mampu mengembangkan dan memberdayakan bakat dan minatnya dengan baik.

Pada siswa, tes ini dilakukan untuk membantu menemukan potensi belajarnya sehingga dapat menentukan peminatan pengambilan jurusan di jenjang Pendidikan SMA dan juga pemilihan jurusan program studi untuk kuliah sesuai dengan minat dan potensi yang dimiliki, sehingga nantinya siswa tidak salah dalam mengambil jurusan atau prodi yang akan berdampak tidak mampu menyelesaikan kegiatan akademik dengan  baik.

Tes minat bakat ini juga sangat membantu bagi individu yang akan mencari pekerjaan yang sesuai dengan kemampuannya sehingga ketika sudah bekerja akan mempunyai karir yang baik dan mampu mengembangkannya sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

Tes Kecerdasan atau Intelegensi (IQ)

Kecerdasan intelektual merupakan potensi kemampuan yang berhubungan dengan proses kognitif.

Kecerdasan intelektual atau IQ (intelligence quotient) ini berhubungan erat dengan kemampuan analisa, kemampuan berpikir dan berbagai akitvitas yang berkaitan dengan kognitif.

Fungsi kecerdasan ini adalah sebagai kecerdasan rasional karena menggunakan potensi rasio dalam memecahkan masalah.

Tes kecerdasan atau Tes IQ merupakan tes yang bertujuan untuk mengetahui potensi kecerdasan seseorang.

Dengan mengetahui hasil dari tes IQ, akan diketahui bagaimana seseorang tersebut ketika ada permasalahan mampu  menganalisa, memahami dan mampu menarik kesimpulan atas masalah tersebut dengan tepat dan mampu menyelesaikannya dengan baik .

Melalu tes IQ Anda bisa mengetahui aspek-aspek apa saja yang perlu diperbaiki dari diri kita untuk melakukan improvisasi di masa depan agar bisa menjadi lebih berkembang.

Tes Rekrutmen Pegawai, Potensial Review, Promosi Jabatan, dan Assessment

Dalam melakukan rekrutmen calon pegawai, tidak hanya cukup hanya mengetahui skill dan pengetahuan dari calon pegawai saja, ada hal lain yang perlu diketahui yaitu potensi diri dan kecerdasannya.

Dengan mengetahui potensi diri dan kecerdasan dari calon pegawai, management perusahaan akan dapat memprediksi sejauh mana kemampuan  calon pegawai dengan tuntutan kerja, posisi jabatan yang akan ditempati dan juga managemen perusahaan akan mampu mengembangkan calon pegawai tersebut ke jenjang prestasi yang lebih tinggi.

Untuk hal tersebut perusahaan perlu melakukan tes psikologi dari calon pegawai, yang tidak hanya akan mengungkap potensi kecerdasan namun juga akan mengungkap, kepribadian, kemampuan problem solving, ketelitian, daya tahan terhadap stress, motivasi, sikap kerja, team work, kecepatan kerja, ketepatan dan hal psikologis lainnya yang akan berdampak pada terpenuhinya tuntutan kerja sesuai dengan harapan perusahaan dan pegawai akan bekerja dengan nyaman karena sesuai dengan potensi kecerdasannya dan potensi dirinya.

Layanan

Hipnoterapi

Motivasi

Motivasi adalah suatu dorongan yang menggerakkan hati seseorang untuk bersemangat dalam melakukan sesuatunya untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Untuk memotivasi diri sendiri, yang harus dilakukan adalah kesadaran diri untuk mau merubah semua kebiasaan kebiasaan buruk dan menggantinya dengan kebiasaan baru yang lebih baik untuk mencapai goals yang diharapkan.

Hipnoterapi Motivasi atau Hipnomotivativasi dapat membantu seseorang menghilangkan kebiasaan-kebiasaan buruk dan mental block yang menghalangi seseorang untuk mencapai tujuan-tujuan hidupnya.

Phobia

Fobia merupakan sebuah gangguan mental yang ditandai oleh ketakutan atau kecemasan yang berlebihan atas suatu situasi atau objek tertentu yang keadaannya berbeda dengan populasi normal. Orang yang mengalami fobia dalam merespon ketakutan atau kecemasannya bersifat kuat dan berat serta bersifat tidak rasional dan tidak sebanding dengan ancaman atau bahaya dari situasi atau objek yang ditakuti.

Ekspresi kecemasan dan ketakutan ini apabila tidak mampu dikendalikan, akan bisa menyebabkan gejala serangan panik atau panic attack.

Menghilangkan atau mengendalikan fobia bisa dilakukan melalui psikoterapi, salahsatunya dengan menggunakan pendekatan hipnoterapi.

Traumatic

Trauma adalah hal sering dikaitkan dengan tekanan emosional dan psikologis yang besar, biasanya karena kejadian atau pengalaman dimasa lalu yang berkaitan dengan peristiwa-peristiwa yang tidak menyenangkan dan terbawa hingga saat ini.

Kejadian yang tidak menyenangkan ini membuat orang yang mengalaminya merasa tidak aman dan tidak berdaya dalam menjalani hidupnya hingga kadang peristiwa-peristiwa traumatik yang tidak dapat dikendalikan atau dihilangkan bisa mengganggu secara mental, seperti Post -Traumatik Stress Disorder (PTSD), depresi, addiction, gangguan kecemasan dan bahkan sampai membahayakan jiwa.

Traumatik bisa dihilangkan dengan cara mengendalikannya, salah satunya dengan menjalani psikoterapi. 

Dengan menjalani psikoterapi (hipnoterapi) atau terapi psikologi adalah cara paling efektif dalam mengatasi trauma, khususnya jika sudah tidak bisa mengatasi kondisi ini secara mandiri atau dengan bantuan orang terdekat.

Kecanduan (Addiction)

Kecanduan adalah ketidakmampuan psikologis dan fisik untuk mengontrol atau berhenti melakukan sesuatu aktivitas dan hal tersebut apabila tidak dikontrol dapat merugikan baik secara mental, fisik, finansial dan social.

Kondisi tersebut disebabkan oleh disfungsi kronis pada sistem, sehinga membuat seseorang tidak dapat mengontrol diri.

Kecanduan ini menyebabkan seseorang melakukan suatu aktivitas yang tidak terkontrol, dan mereka menjadi bergantung padanya untuk menghadapi kehidupannya.

Kondisi ini bisa dihindari dengan melakukan konseling atau psikoterapi.

Mental Klinis

Kesehatan mental itu sangat penting disamping Kesehatan secara fisik. Mental yang sehat ditandai dengan keadaan sejahtera yang dirasakan oleh seseorang baik secara psikologis, emosional dan social. Mental yang sehat, dapat mendukung kehidupan sehari-hari, sehinga mampu berinteraksi, berpikir, bertindak dengan baik.

Mental illness (mental disorder), disebut juga dengan gangguan mental atau jiwa, adalah kondisi kesehatan yang memengaruhi pemikiran, perasaan, perilaku, suasana hati, atau kombinasi diantaranya. Kondisi ini dapat terjadi sesekali atau berlangsung dalam waktu yang lama (kronis).

Gangguan ini bisa ringan hingga parah, yang dapat memengaruhi kemampuan seseorang dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Ini termasuk melakukan kegiatan sosial, pekerjaan, hingga menjalani hubungan dengan keluarga.

Gangguan kesehatan mental termasuk penyakit yang dapat diobati. Bahkan, sebagian besar penderita mental disorder masih dapat menjalani kehidupan sehari-hari selayaknya orang normal.

Namun, pada kondisi yang lebih buruk, seseorang mungkin perlu mendapat perawatan intensif di rumah sakit untuk menangani kondisinya. Tak jarang, kondisi ini pun dapat memicu hasrat untuk menyakiti diri sendiri atau mengakhiri kehidupannya. (sumber : hallo sehat)

Layanan

Psikologi Industri dan Organisasi

Training Soft Skills

Perkembangan teknologi dan ekonomi digital yang semakin pesat saat ini tentu tidak hanya dibutuhkan hard skill semata, begitupula dalam dunia kerja mau pun bisnis diperlukan tidak hanya harus menguasai hardskill, namun penting juga menguasai soft skill agar bisa bersaing dan bertahan. Dengan menguasai soft skill seseorang dapat memiliki kemampuan kerja yang lebih berkualitas.

Saat ini, dunia kerja membutuhkan seseorang yang memiliki pemikiran kritis, komunikasi yang baik, rasa ingin tahu, kreatif, inovatif hingga memiliki jiwa kepemimpinan dan hal tersebut adalah soft skill.

Pegawai yang menguasai softskill akan sangat membantu perusahaan atau industri mencapai visi dan misinya dengan baik sehingga tujuan perusahaan tercapai.

iCIMS Hiring Insights (2017) menemukan bahwa 94 persen dari perekrut profesional percaya bahwa seorang karyawan dengan soft skill yang lebih kuat memiliki kesempatan yang lebih baik untuk dipromosikan ke posisi kepemimpinan daripada seorang karyawan dengan pengalaman bertahun-tahun tetapi soft skill-nya yang lemah.”

Outbond

Outbound Training adalah salah satu metode pembelajaran yang dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan Kerjasama, komunikasi, kreatifitas, produktifitas kerja, problem solving, change managemen, kepercayaan diri, leadership dan tantangan yang diperoleh secara nyata.

Tujuan dari program ini dilakukan untuk meningkatkan performa organisasi dalam suatu perusahaan melalui kegiatan di luar ruang (outdoor), dengan nuansa petualangan dan diisi dengan pelatihan untuk meningkatkan kualitas dari karyawan.

Outbound Training dewasa ini sangat diminati, hal ini disebabkan karena sifatnya yang menyenangkan dan terasa seperti refreshing, dengan kombinasi kegiatan-kegiatan di alam. Dalam outbound training ini masing-masing peserta terlibat secara langsung dalam pemecahan masalah, bahkan seringkali terlihat bahwa pegawai dengan jabatan staff terlihat lebih menonjol dibandingkan seorang atasan atau seniornya.

Outbound Training yang dilakukan lebih tampak memberikan hasil nyata, tepat sasaran dan memberikan hasil yang lebih pada peserta dibandingkan jenis training lainnya karena berkonsep learning by doing.

Konsultasi Sumber Daya Manusia, Pembuatan Job Desk, Visi dan Misi, Budaya Perusahaan, dan Job Analisis

Konsultasi Sumber Daya Manusia, pembuatan Job desk, visi dan misi, budaya perusahaan dan job analisis.

Mengapa perusahaan penting mempunyai job description, visi misi, budaya perusahaan dan job analisis hal ini membantu pegawai untuk memudahkan dalam proses pekerjaannya yang akan dilakukan di sebuah departemen atau divisi pada sebuah perusahaan.

Dan hal ini membuat pegawai mempunyai kerangka berfikir, acuan kerja, mengetahui ukuran kerja untuk mencapai prestasi, berperilaku, berbudaya dalam sebuah perusahaan sehingga pegawai bisa bekerja secara optimal untuk mencapai goals dan bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan perusahaan, sehingga tujuan perusahaan bisa tercapai sesuai harapan.

Punya Pertanyaan?

Jika ada pertanyaan, jangan sungkan untuk menghubungi kami secara langsung atau berkunjung ke kantor kami.
Team Dian Selaras Psikologi Bali siap membantu.
Salam "Pikiran, Hati, Sukses!"